" MEMBANGUN PERADABAN "


DENGAN MEMPERKUAT PILAR
MASYARAKAT  MADANI



Pancasila adalah falsafah landasan hidup dan kehidupan bagi bangsa Indonesia. dan merupakan pegangan dan penuntun bagi penyelenggara Negara Indonesia untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Madani adalah pendekatan Islam membangun masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam suku, berdasarkan Ketaqwaan kepada Allah SWT dan Keimanan kepada Nabi Muhammad SAW , yang mencerminkan tujuan yang kokoh dan konsisten, merupakan perwujudan fitrah manusia dan anugrah yang diberikan Allah SWT kepada manusia.
Madani dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan istilah Civil society, dan dalam bahasa Arab diistilahkan dengan sebutan Madana / Yadmunu / Mudunan dan ahkirnya berkembang menjadi Tamaddun yang bermakna peradaban.
Masyarakat Madani / Civil Society adalah masyarakat yang beradab yang dibangun dengan memperkuat pilar-pilar, antara lain :
Pertama
Dibutuhkan pemerintahan Negara yang demokratis berdasarkan Pancasila, UUD 1945 , taat pada peraturan per-undangan dan menegakan supremasi hukum yang berlaku.
K e d u a
Kebijakan politik yang ditetapkan haruslah berorientasi pada pembangunan dan penataan masyarakat agar tercipta harmonis antara yang dipimpin dengan yang memimpin
K e t i g a.
Komitmen politik dalam meraih cita-cita bersama serta mewujudkan masyarakat yang beretika dan bermoral tinggi, maka perlu norma—norma hak warga Negara, diakui dan dilindungi oleh pemerintah dan negara
Keempat
Menghindari kepentingan politik menjadi pemicu konflik horizontal yang berakibat pada perpecahan bangsa yang beragam baik itu ras, agama ,latar belakang pendidikan dan sosial ekonomi
Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mengambil peran serta memberikan kontribusi sekecil apapun agar terwujud “ m a s y a r a k a t – p e r a d a p a n di bumi NKRI “.
( M. Syafril 2016)


Tidak ada komentar: